Sunday, October 5, 2014

Mengenal Pohon Bonsai

Pohon bonsai bukanlah jenis tertentu dari pohon tetapi setiap pohon yang tumbuh dalam miniatur menyerupai pohon tua. Pohon bonsai yang lebih matang memiliki nilai lebih dan keuntungan tersendiri. Pada dasarnya ratusan jenis pohon dapat tumbuh dan dilatih untuk menjadi bonsai.Petani harus memiliki visi dan keterampilan untuk melatih dedaunan pohon dan panduan bentuknya. Hal ini dilakukan melalui pemangkasan akar untuk menjaga pohon tetap kecil, kawat pada cabang-cabang dan menggunakan teknik lain untuk membuat pohon bonsai memiliki tampilan pohon dewasa di alam.

Bonsai juga memerlukan perawatan khusus karena mereka tumbuh di tempat yang memiliki tanah yang sangat sedikit. Pohon-pohon itu tidak memiliki kaki basah sehingga  bonsai menggunakan tanah khusus yang lebih mudah mengering daripada tanah standar. Tapi karena ada begitu sedikit tanah, bonsai memerlukan penyiraman yang sering. Alat pengukur kelembaban dapat digunakan untuk memberitahu Anda ketika pohon bonsai memerlukan air.

Bonsai juga harus diberi nutrisi pada musim semi dan gugur. Tiga nutrisi yang paling penting yaitu nitrogen, asam fosfat dan kalium karbonat. Mungkin berganti-ganti merek pupuk akan bermanfaat karena mereka masing-masing mengandung unsur surih yang berbeda-beda.

Pohon yang tumbuh di alam menikmati kelembaban yang hilang dari lingkungan indoor. Oleh karena itu disarankan pot bonsai diletakkan di sebuah nampan dangkal dengan air yang dapat menguap untuk menambahkan kelembaban udara yang mengelilingi pohon. Batu datar atau kerikil harus ditempatkan di atas nampan di bawah pot sehingga bonsai tidak tumbuh di dalam air. Sekali lagi, akar pohon bonsai tidak boleh disimpan basah.

Sinar matahari diperlukan untuk bonsai kecuali di bawah keadaan khusus, seperti ketika mereka telah menjalani pemangkasan. Eksposur Selatan, Barat atau Timur akan diperlukan di dalam rumah sehingga pohon menerima sinar matahari. Jika mereka tidak mendapatkan sinar matahari langsung Anda harus memilih pohon bonsai yang dapat tumbuh dengan sedikit sinar matahari, atau berencana untuk menaruh bonsai Anda di luar selama beberapa jam setiap hari.

Tujuan bonsai adalah untuk mencapai bentuk yang dikehendaki sambil menyeimbangkan pertumbuhan di atas tanah dengan pertumbuhan akar. Pebentukkan dimulai segera sementara pohon sangat muda, dan terus-menerus sampai  tua. Ranting kecil dapat dipotong dengan gunting tajam, tetapi cabang besar perlu pemotong cekung yang tidak akan meninggalkan bekas luka.

Beberapa orang menggunakan kawat tembaga untuk melatih pohon bonsai. Kawat dengan hati-hati digulung ke cabang-cabang ke arah yang Anda inginkan untuk tumbuh. Setelah cabang membungkusnya lalu dibengkokkan sekali ke posisi akhir. Kawat harus nyaman tanpa menggigit ke pohon. Beberapa gaya populer bonsai meliputi: tegak formal dan informal, cascade, berangin, miring dan hutan, tetapi ada banyak variasi dan banyak gaya yang lain. Bahkan satu-satunya hal yang membatasi pohon bonsai adalah visi penumbuh.

Bonsai berasal dari Cina sejak zaman Dinasti Tang (618-907) dan dikenal kemudian sebagai penjing yang berarti pemandangan nampan. Pada awalnya bonsai dikenal sebagai bonggol batang pohon yang menyerupai naga, burung dan hewan lainnya. Bonsai benar-benar merupakan seni imajinasi yang dituangkan ke pohon. Bentuk Bonsai jauh berbeda bahwa bentuk kita hari berlatih. Selama periode yang dikenal sebagai Kamakura (1185-1333), bonsai terus diperkenalkan ke Jepang mewakili sebuah penghubung antara manusia, jiwa, dan alam.Bonsai adalah sebuah tantangan tapi memuaskan hobi dan seni untuk dapat menikmati kesabaran dan apresiasi alam.

No comments:

Post a Comment