Friday, October 10, 2014

Efek Samping Air Keras pada Pipa

Air keras  berisi sejumlah besar mineral terlarut. Salah satu mineral ini yaitu kalsium yang dapat terlarut dan membentuk suatu zat yang disebut kerak kapur. Efek utama dari air keras pada pipa adalah penumpukan kerak kapur di dalam pipa, menyebabkan ketersediaan air berkurang atau bahkan penyumbatan pipa. Dalam beberapa kejadian, mineral terlarut merusak pipa, membuat lubang kecil yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan air.

Efek yang paling umum dari air keras pada pipa adalah menurunnya ketersediaan air dan yang paling nyata adalah di keran dan shower. Seiring waktu,penumpukan kerak kapur yang terjadi terus-menerus dalam pipa memungkinkan air berkurang dan kurang leluasa untuk melewati pipa. Keran mungkin akhirnya hanya memberikan aliran air yang lemah. Shower bisa jadi hanya menetes bukan menyemprot atau menyembur. Kerak kapur juga dapat terbentuk dalam keran itu sendiri, yang dapat mengganggu mekanisme penutup dan menyebabkan keran menetes terus-menerus.

Cara lain bahwa air keras mengganggu pipa adalah pipa benar-benar tersumbat atau mampet. Kerak kapur terbentuk sampai menjadi sebuah plug padat,sehingga mencegah  air mengalir. Pembentukan kerak kapur lebih cepat dalam air hangat atau air panas,sehingga penyumbatan pipa lebih rentan terjadi pada pipa utama dari peralatan air panas.  Suhu air hangat di dalam pemanas air mempercepat pembentukan kerak kapur, dan pemanas air sangat rentan terhadap penumpukan kerak kapur. Mungkin juga melapisi elemen pemanas air, membuat peralatan tersebut kurang efektif dan menyebabkan pemanas menggunakan lebih banyak energi untuk memanaskan air.

Seringkali, efek air keras pada pipa tidak terlihat, dan pemilik rumah tidak menyadari masalah sampai ada kerusakan besar. Mineral dalam air keras dapat mengikis pipa logam dan bisa menimbulkan kerusakan serius pada pipa dan bahkan pipa bisa berlubang.  Pipa pipa yang rusak dapat menjadi lemah dan rentan terhadap kegagalan.Lubang di pipa-pipa mungkin kecil, tetapi mereka dapat berkembang di belakang dinding dan daerah lainnya yang tidak dapat diakses. Bocornya air secara terus menerus dari lubang-lubang kecil dapat terjadi selama beberapa waktu sampai pemilik rumah menyadari ada masalah.

Ada beberapa jenis peralatan rumah tangga yang mengolah air keras. Efek air keras pada pipa dapat diminimalisasi dengan menginstal salah satu perangkat ini untuk mengolah air sebelum memasuki sistem pipa rumah. Pelunak air dan sistem osmosis efektif untuk menghilangkan kalsium terlarut dari air keras.

No comments:

Post a Comment