Monday, October 27, 2014

Macam-Macam Sliding Doors

Sliding Doors atau pintu geser terbuka secara horizontal  menggeser ke sepanjang rel atau trek. Pintu ini dipasang atau digantung pada trek dan bisa digeser ke dua arah dengan roda. Saat ini ada banyak jenis pintu geser yang tersedia untuk konsumen dan akan diulas berikut ini.

Pocket Doors adalah pintu geser yang paling sering digunakan di daerah yang tidak memiliki ruang untuk pintu berengsel.Pocket Doors meluncur sendiri dan menghilang ke dalam kompartemen atau pocket di dinding yang berdekatan. Rol biasanya terletak di jalur atas dan terkadang ada di trek lantai.

Pintu-pintu geser ini digunakan dalam berbagai aplikasi antara lain kamar mandi, lemari, kantor, kamar khusus atau di tempat lain yang  memiliki keterbatasan ruang sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan pintu tradisional. Kadang-kadang jenis pintu ini juga digunakan untuk menciptakan efek arsitektur dan bisa ditemukan pada jenis pintu single dan double.

Arcadia doors adalah jenis lain dari pintu geser yang cukup diminati. Pintu ini berbentuk persegi panjang dan terbuat dari kaca. Pintu geser Arcadia dipasang pada rol sejajar dengan panel kaca tertentu dan dalam bentuk yang serupa. Hal ini sejalan dengan panel kaca yang berdekatan ketika terbuka penuh dan menggeser kembali ke tempatnya saat ditutup.

Pintu-pintu ini paling sering digunakan sebagai pemisah antara ruangan interior dan eksterior,dan  biasanya mengarah ke area halaman belakang atau teras. Dalam aplikasi ini, pintu Arcadia juga disebut patio door.Istilah ini berasal dari produsen pintu geser jenis tertentu.

Bypass doors adalah pintu geser yang sering digunakan untuk lemari dan pantries. Jenis pintu ini meluncur melewati dan di belakang satu sama lain ketika terbuka. Ketika tertutup,pintu ini berdiri berdekatan satu sama lain dan efektif menghalangi pembukaan atau akses masuk. Pintu bypass dipasang pada trek di bagian atas dan bawah kusen pintu.

Mirrored doors secara teknis adalah sub dari pintu geser. Jenis pintu ini bisa ditemukan seperti Pocket Doors dan Bypass doors. Biasanya dipasang di lemari kamar tidur agar ruangan terasa lebih luas,sekaligus sebagai cermin rias di kamar.Pintu Prancis, meskipun biasanya diayunkan, sekarang tersedia dalam variasi geser untuk menghemat ruang. Ini adalah pintu Prancis tradisional yang dimodifikasi menjadi pintu geser.

Shoji screens adalah jenis lain dari pintu geser. Pintu ini terbuat dari kayu dan kertas tembus cahaya dan telah digunakan di Jepang selama berabad-abad.Pintu ini memiliki banyak kegunaan dan telah menjadi populer dalam desain kontemporer dengan pengaruh Asia. Pintu ini paling sering terlihat untuk akses ke area kebun atau halaman belakang.

No comments:

Post a Comment