Friday, November 14, 2014

Mengenal Shower Elektrik dan Cara Menggunakannya

Secara tradisional, semua air di rumah dipanaskan dengan pemanas air, tetapi ada salah satu solusi yang semakin populer untuk memenuhi kebutuhan pemanas air untuk mandi yaitu shower elektrik. Shower elektrik memanaskan air untuk mandi segera sebelum air digunakan.Perangkat ini memiliki keunggulan antara lain, tidak pernah kehabisan air panas ketika sedang mandi. Dalam sebuah shower elektrik, air dipanaskan oleh perangkat elektrik di kepala shower.Beberapa model dilengkapi dengan memori untuk menyimpan satu atau lebih pengaturan suhu.

Shower elektrik bekerja dengan baik di rumah yang memiliki tekanan air rendah atau tidak ada pasokan air utama, karena banyak memiliki pompa kecil untuk meningkatkan tekanan air ketika air dipanaskan. Sebuah shower elektrik juga hemat listrik daripada water heater elektrik, hal ini sangat menguntungkan di negara atau daerah yang pasokan listriknya tidak bisa diandalkan. Di negara-negara yang beriklim dingin, shower listrik menambah sumber panas untuk air yang mungkin masih terlalu dingin, meskipun setelah melewati pemanas air.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan water heater, pencampuran listrik dan air beberapa inci dari kepala Anda mungkin tampak berisiko. Namun, sebenarnya sebuah shower elektrik aman jika digunakan dan dipasang dengan benar. Jika Anda sedang dalam perjalanan dan kebetulan menemui perangkat seperti ini, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tentang cara menggunakannya dan memastikan keamanannya.

Untuk menggunakan shower elektrik caranya adalah, pertama kali hidupkan sirkuit listrik sebelum menggunakan shower atau menyalakan pasokan air. Kabel yang terhubung ke kepala shower harus diperiksa, untuk memastikan bahwa dua kabel tertutup dengan isolasi listrik. Juga harus ada kawat arde yang terpasang pada pipa air itu sendiri. Jika ada kabel yang terbuka atau tidak terhubung dengan benar,maka harus segera ditutup dengan isolasi listrik sebelum digunakan untuk mandi.

Setelah kabel terhubung dengan benar, sangat penting untuk menyesuaikan pengaturan suhu air sebelum menghidupkan shower. Pada umumnya,kepala shower elektrik mampu mengatur suhu air dan bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu jangan mengatur suhu air setelah air mengalir, karena hal ini bisa merusak elemen pemanas. Selanjutnya nyalakan air sampai sedikit terdengar suara berdengung dari kepala shower, yang menunjukkan bahwa shower sedang memanaskan air. Setelah suara ini terdengar, tekanan air bisa disesuaikan untuk menyempurnakan suhunya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa shower elektrik memiliki sekering atau pemutus sirkuit. Untuk mencegah kerusakan komponen listrik, shower harus selalu dimatikan ketika tidak digunakan lagi atau sedang tidak digunakan. Untuk menghindari risiko sengatan listrik, jangan sentuh pemutus ketika air sedang mengalir.

No comments:

Post a Comment