Tuesday, November 4, 2014

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bathtub Akrilik

Bathtub akrilik bisa memberi nilai tambah dan keindahan untuk kamar mandi apapun. Bathtub akrilik tersedia dalam berbagai warna, model dan bentuk sehingga cocok untuk setiap selera. Harganya biasanya sedang bila dibandingkan dengan harga bak lainnya, dan memiliki beban yang relatif ringan dan mudah dipasang.Karena ringan,bak tidak terlihat solid dan bisa tergores dan mudah terkena noda. Kekurangan tersebut akan lebih terlihat jika  pemasangan, perawatan, atau penggunaannya tidak benar.

Salah satu kelebihan dari bak mandi akrilik akan terlihat jelas setelah pemasangan. Bathtub akrilik jauh lebih mudah untuk dibawa dan dipasang daripada bak besi cor, yang biasanya sangat berat. Ini adalah pertimbangan serius bagi pemilik rumah ketika akan memasang bathtub baru di lantai atas rumahnya,karena membawa bak besi cor ke lokasi tersebut bisa menjadi pekerjaan yang sulit dan bisa merusak dinding dan sudut sepanjang jalan yang dilaluinya.

Sebuah bak akrilik kualitas ringan akan terlihat kurang kokoh, kecuali bak diletakkan di mortir ketika dipasang.Sebaliknya, bak besi cor  tidak memerlukan tambahan pekerjaan untuk membuatnya terasa lebih kokoh.Tapi diperlukan pemeriksaan lantai dan jika diperlukan lantai harus diperkuat untuk menahan bak besi cor yang bebannya terlalu berat . Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memasang bathtub akrilik adalah retensi panas.Ketika terisolasi setelah pemasangan, bak ini akan terus panas.

Bathtub akrilik yang halus dan mengkilat permukaannya bisa mengelupas atau tergores, yang merupakan kerugian dari bak berenamel.Tapi memoles permukaan akrilik yang tergores untuk membuatnya kembali mengkilap adalah proses yang relatif mudah, karena akrilik memiliki warna yang sama di seluruh badan bak, tidak hanya pada permukaannya saja. Sebaliknya, bathtub besi cor memiliki permukaan enamel atau porselen tipis.Jika terkelupas atau retak, maka memerlukan warna yaang tepat dan cocok untuk memperbaikinya. Goresan bisa dikurangi dengan membersihkan bathtub akrilik hanya dengan air sabun atau pembersih yang tidak memiliki abrasive, pelarut, atau aseton.

Bathtub akrilik lebih tahan lama daripada beberapa jenis bak lain dalam kisaran harga yang sama, dan warnanya tidak akan memudar dari waktu ke waktu seperti bak fiberglass. Bak ini juga umumnya lebih tahan lama daripada bak lain, tetapi lebih rentan terhadap noda, terutama dari pewarna rambut dan pakaian. Noda ini bisa dihilangkan dengan sedikit kerja pada permukaan akrilik untuk mengembalikan warna aslinya. Kesimpulannya, jika dipasang dan dirawat dengan baik, serta digunakan dengan cerdas dan menyadari kerentanan terhadap noda, akrilik bathtub seharusnya bisa memberikan kepuasan  seumur hidup.

No comments:

Post a Comment