Monday, November 17, 2014

Mengenal Polywood dan Penggunaannya

Polywood merupakan bahan bangunan komposit yang dibuat dari termoplastik. Bahan kayu plastik ini dirancang agar terlihat seperti kayu, dan digunakan di berbagai macam aplikasi yang sama seperti halnya dengan kayu kayu tradisional. Bahan bangunan ini dibuat dari serat plastik yang ditekan bersama-sama di bawah tingkat panas dan tekanan yang tinggi agar membentuk papan kayu padat, balok, dan bahan lembaran. Polywood terutama digunakan untuk menggantikan kayu perabot outdoor seperti jendela dan kursi teras.

Produk kayu komposit ini bisa ditemukan di tempat-tempat komersial dan residensial. Bahan ini banyak digunakan untuk menciptakan perabot bar dan kursi outdoor di kolam renang dan resort, dan bisa juga ditemukan pada meja piknik,bangku taman dan tempat bermain. Salah satu penggunaan terbanyak untuk polywood adalah pada perabotan di halaman belakang rumah, antara lain kursi taman, meja dan bangku.

Bahan polywood biasanya dilengkapi dengan pewarnaan serta warna terpisah yang lain untuk memberikan penampilan yang cerah dan menarik. Warna-warna ini menghiasi seluruh permukaan bahan sampai masuk ke dalam bahan, dan tidak akan hilang dari waktu ke waktu karena terkelupas, tergores, atau seringnya penggunaan atau kesalahan penggunaan . Bahan ini bisa juga dicat atau diwarnai sesuai dengan finishing yang diinginkan. Beberapa produk dibuat agar bisa menciptakan tampilan serat kayu, dan ada juga yang memiliki permukaan halus. Anda harus memilih roduk polywood dengan lapisan tahan UV agar warnanya tidak memudar dari waktu ke waktu, atau bisa juga dengan menambahkan lapisan pelindung UV sebelum menggunakan produk ini di luar ruangan.

Salah satu keuntungan utama menggunakan produk yang terbuat dari bahan ini adalah karena daya tahan dari bahan ini  serta tidak begitu memerlukan perawatan. Polywood mudah dibersihkan, dan secara alami tahan terhadap hujan, air garam, dan faktor lingkungan lainnya. Bahan ini juga memiliki kekuatan lebih, dan akan bertahan selama bertahun-tahun dan tidak terlalu memerlukan perbaikan atau refinishing. Tidak seperti kayu solid, bahan ini tidak akan mengalami penyusutan, lapuk, atau melengkung karena kelembaban. Bahan ini juga tahan terhadap kerusakan dari hama, rayap dan serangga lainnya.

Jika dibandingkan dengan kayu solid, alternatif kayu plastik mungkin lebih mahal. Kualitas diantara produk-produk ini bisa bervariasi tergantung dari produsennya.Perabot berkualitas rendah biasanya memiliki finishing plastik yang kurang menarik,sedangkan desain berkualitas baik biasanya lebih terlihat seperti kayu asli, dan memiliki tekstur serat kayu yang terlihat lebih nyata. Dibandingkan dengan kayu solid, perabotan polywood tersedia dengan desain yang terbatas, namun produk khusus bisa dipesan dari produsen tertentu.

No comments:

Post a Comment