Saturday, November 8, 2014

Aplikasi Batu Alam dan Perawatannya

Rumah dengan sentuhan batu alam memiliki kesan kokoh dan natural.Jika Anda termasuk orang yang menyukai suasana ruamh nan sejuk dan asri,maka cobalah bermain eksterior menggunakan batu alam.Saat ini aplikasi batu alam sebagai hiasan eksterior sangat populer.Selain bisa menimbulakan kesan kokoh dan kuat,batu alam juga bisa memberikan kesan natural dan asri.

Batu alam tidak hanya bisa diaplikasikan pada dinding rumah,tapi juga bisa pada lantai,pagar rumah dan dinding taman.Namun,penggunaan batu alam untuk dinding taman,pagar dan lantai rumah harus dibedakan dengan batu alam yang digunakan untuk dinding luar dan dinding dalam rumah.

Batu alam dengan tekstur kasar biasanya hanya digunakan untuk dinding rumah.Untuk masalah tekstur Anda tidak perlu khawatir.Saat ini beberapa toko bahan bangunan sudah menyediakan beraneka ragam tekstur batu alam.Tekstur-tekstur batu alam yang bisa Anda pilih antara lain garis,kotak  serta motif lainnya yang tidak kalah menarik.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan batu alam di rumah Anda,ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

1.Tentukan ukuran batu alam yang ingin Anda beli.Ukuran yang tersedia yaitu ukuran kecil,sedang atau besar.Hal ini erat kaitannya dengan keindahan dan selara.

2.Pilihlah perekat batu alam yang bagus dan kuat.Biasanya batu alam direkatkan pada dinding menggunakan semen atau mortar.Pilihlah semen atau mortar yang kuat agar batu alam bisa menempel dengan kuat.

3.Rendam batu alam terlebih dahulu sebelum dipasang.Pada dasarnya batu alam memiliki pori-pori yang cukup besar.Bila langsung ditempel,kemungkinan batu alam tersebut tidak akan kuat menempel pada dinding..Merendam batu alam dengan air berfungsi untuk mengecilkan pori-pori batu alam tersebut.

4.Setelah selesai direkatkan,periksalah kembali mortar perekat apakah sudah merekat dengan sempurna atau belum.

5.Musuh utama dari batu alam adalah debu dan lumut.Untuk alasan ini,Anda harus rajin membersihkan dan menggosok dinding batu alam tersebut agar selalu bersih dan terlihat kinclong.Khusus untuk lumut,Anda bisa mengolesi batu alam dengan cairan lapisan khusus atau coating yang sesuai dengan karakter batu alam tersebut.Penggunaan coating bisa dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan hingga satu tahun sekali secara berkala.

No comments:

Post a Comment