Monday, August 4, 2014

Mengenal Pintu Flush

Pintu flush adalah pintu interior dan eksterior sederhana yang memiliki permukaan polos di kedua sisinya. Sedangkan jenis pintu ini lebih menitikberatkan fungsi daripada gaya,pintu polos ini cocok untuk desain ruangan yang menonjolkan unsur-unsur lain dalam ruang. Pintu jenis ini mungkin memiliki inti padat atau berongga.

Pintu flush khusus diproduksi dengan menggunakan dua bagian kayu lapis yang melekat pada setiap sisi bingkai. Sedangkan interior pintu itu berlubang, tidak biasa untuk beberapa jenis dukungan yang akan dibangun ke dalam bingkai, seperti sistem pendukung sarang lebah. Kayu lapis bisa digunakan sebagai finishing untuk menonjolkan serat kayu atau bisa juga ditutupi dengan cat. Setelah pembuatan pintu selesai,finishing dirawat dengan sealant untuk melindungi warna dari noda dan kerusakan.

Hal ini juga memungkinkan untuk membuat pintu flush menggunakan sepotong inti yang solid yang ditambah dengan beberapa jenis laminasi atau kayu lapis di setiap sisi. Seperti halnya dengan desain pintu berongga, model padat kemudian dicat,maka diperlakukan juga sealant.Disamping berat,pintu flush padat biasanya menjadi pilihan yang lebih baik pada pemasangan pintu flush geser diantara dua kamar.

Hardware pintu flush biasanya sangat mudah disimpan. Jika pintu dimaksudkan untuk dipasang di rel maka hardware akan tersembunyi,sehingga memungkinkan pintu untuk bisa melewati satu sama lain. Desain ini biasa digunakan pada pintu yang digunakan untuk mengakses lemari.Pintu seperti ini bisa digunakan ketika pintu dipasang dalam posisi untuk mengayun bolak-balik,bukan meluncur di sepanjang rel.

Meskipun pintu flush biasanya dianggap lebih pada fungsinya saja dibandingkan jenis pintu lain,tapi bukan berarti pintu ini tidak bisa menjadi elemen yang menarik dalam desain ruang. Pintu flush bisa dicat dengan pola yang menarik agar terlihat  berseni ketika ditutup. Pintu jenis ini juga bisa menjadi sarana mengambil warna sekunder dalam kain yang digunakan dalam ruang, membantu untuk menarik warna yang keluar ke tampilan umum ruang.

Disamping pintu flush kayu tradisional,pintu flush dari besi juga bisa dibuat atau dibeli. Jenis pintu flush interior sering digunakan dalam pengaturan keamanan yang lebih tinggi. Versi pintu besi eksterior biasanya digunakan dalam konstruksi motel di mana masing-masing kamar bisa diakses dari catwalk terbuka.

No comments:

Post a Comment