Sunday, February 1, 2015

Mengenal Sampo Karpet dan Permadani

Sampo karpet adalah senyawa deterjen cair yang diformulasikan secara khusus agar dapat digunakan untuk membersihkan karpet dan permadani . Ini sering digunakan bersama dengan mesin pembersih karpet bergaya rotary atau model silinder yang menggunakan udara terkompresi untuk menghasilkan busa sebelum agitasi. Ide umum dari penggunaan produk ini adalah untuk menciptakan busa tebal yang akan menarik partikel dan kotoran keluar dari tumpukan karpet. Setelah busa kotor kering, residu dapat disedot.

Sampo karpet yang bagus harus mampu menghasilkan banyak busa yang efektif dan tahan lama. Ini berarti menggunakan bahan-bahan yang mirip dengan yang ditemukan dalam shampo rambut. Zat kimia yang disebut sodium lauryl sulfat memberikan busa lebih banyak dan berkualitas, sedangkan penghilang kotoran yang disebut anionik deterjen menyediakan daya pembersih yang kuat. Karena partikel kotoran sebenarnya membentuk ikatan elektrostatik dengan serat karpet, maka agen anionik digunakan untuk memecah ikatan tersebut dan memberikan alternatif yang lebih menarik.

Karena mesin pembersih karpet menggunakan kuas kuat untuk mengganggu busa, sampo karpet yang bagus juga harus memiliki kualitas pelumas untuk melindungi karpet dari kusut dan tekanan. Salah satu yang digunakan bersama dengan mesin ekstraksi basah juga harus mengandung pelunak air.

Namun,penggunaan produk ini tidak secara universal dianut oleh perusahaan perawatan karpet. Salah satu masalah besar dengan pembersih model deterjen adalah kemungkinan resoiling. Residu lengket yang tertinggal setelah sesi pembersihan sebenarnya menarik lebih banyak kotoran.Pembersih karpet dan permadani yang profesional dapat menggunakan sampo dengan konsentrasi yang jauh lebih rendah, jika mereka menggunakannya dengan benar. Beberapa ahli menyarankan pembersihan hanya dengan air panas murni yang akan lebih efektif membersihkan tanpa bau kimia keras atau potensi kerusakan dan  kelembaban.

Beberapa perusahaan ramah lingkungan memproduksi versi shampo karpet yang lebih organik.Pengharum kimia dan deterjen telah diganti dengan konsentrat herbal dan surfaktan pembersih alami . Dengan adanya pembersih semprot karpet dan permadani ini maka kita tidak perlu lagi untuk menyewa mesin karpet komersial. Pastikan untuk melakukan penyedotan secara menyeluruh sebelum dan setelah aplikasi, dan biarkan sampo karpet menjadi benar-benar kering untuk hasil terbaik.

Salah satu unsur yang kontroversial dari sistem sampo karpet disebut optical brighteners. Karena sifat deterjen dari beberapa merek shampoo sebenarnya sangat lemah, produsen dapat menambahkan formula pewarna khusus. Pewarna yang disebut optical brighteners, menciptakan sedikit manfaat dari sebuah ilusi optik. Serat karpet menerima dye ini dan mengkonversi sinar ultraviolet sehingga tampak bercahaya, menciptakan efek cerah sementara. Namun seiring waktu, serat menjadi menguning permanen, dengan sedikit harapan pemulihan. Profesional menyarankan bahwa konsumen menghindari setiap produk yang memiliki petrokimia.

No comments:

Post a Comment