Thursday, June 19, 2014

Mengenal Furniture Kayu Lapis

Furniture kayu lapis merupakan jenis furnitur yang terbuat dari plywood atau kayu lapis,ini adalah bahan prefabrikasi terdiri dari lapisan tipis atau veneers kayu.Jenis furnitur kayu lapis biasanya memiliki penampilan yang indah serta akan lebih tahan terhadap pembengkokan, retak, dan kerusakan lainnya .Dengan menggunakan kayu lapis memungkinkan bahan baku ini mudah dibengkokan atau dibentuk dengan mudah.Kayu lapis juga umumnya cukup murah bila dibandingkan dengan kayu solid. Pembuat furnitur biasanya menggunakan kayu lapis pada desain furnitur untuk menghemat biaya tanpa mengorbankan kekuatan dan penampilannya.

Kursi dan meja adalah jenis furniture yang paling umum dibuat dengan bahan baku ini,namun pada dasarnya kayu lapis bisa digunakan untuk membuat hampir semua jenis furnitur. Furniture kayu lapis juga dapat mencakup tempat tidur,tempat kerja, bangku, dan sebagainya.Tidak jarang pula kita bisa menemukan rak buku, atau bahkan pintu atau lemari yang terbuat dari kayu lapis. Aplikasi yang bisa menggunakan kayu lapis tidak terbatas, meskipun untuk struktur beban, kayu lapis tidak mungkin menjadi pilihan terbaik. Kayu solid umumnya lebih disukai daripada kayu lapis, meskipun begitu kayu lapis tidak harus selalu diabaikan sebagai pilihan.

Fleksibilitas kayu lapis memungkinkan pembuat furnitur untuk bereksperimen dengan bentuk dan garis furnitur kayu lapis. Kursi dan meja biasanya menampilkan kurva dan sendok yang memberikan potongan tampilan yang berbeda. Lapisan veneer kayu lapis juga bisa memberikan  penampilan furniture yang khas dan bisa menciptakan daya tarik visual yang unik. Bahan ini sangat mudah untuk dikerjakan selama proses manufaktur, yang berarti pembuat furnitur biasanya diberikan fleksibilitas untuk bereksperimen dengan desain yang berbeda. Biaya rendah kayu lapis juga berarti penghematan pada bahan baku lebih yang bisa dialihkan untuk mendorong eksperimentasi.

Veneer kayu lapis terluar yang digunakan untuk furnitur kayu lapis biasanya terbuat dari kayu dengan kualitas yang lebih tinggi  dibandingkan lapisan dalam. Lapisan terluar merupakan lapisan yang paling terlihat, sehingga pada umumnya produk furniture  dirancang untuk menampilkan lapisan terluar agar terlihat lebih menarik. Sebagian besar kelenturan akan ditempatkan pada lapisan dalam, jadi fleksibilitas dari lapisan luar kurang penting.Meskipun birch adalah pilihan populer di kalangan para pembuat mebel namun varietas kayu  yang tak terhitung jumlahnya bisa digunakan dan dimaksimalkan untuk membuat lapisan terluar dari veneer.

No comments:

Post a Comment