Beberapa tahun terakhir dunia bisnis terus bergerak dan mengalami perubahan.Keadaan tersebut menjadi semakin melaju salah satunya disebabkan oleh era digital yang berkembang sangat pesat.Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat ini,kemampuan dalam beradaptasi dengan cepat terhadap segala perubahan,menjadi salah satu faktor penting untuk memenangkan kompetisi.Siapa yang lebih siap maka dialah yang akan memenangkan persaingan,dan terlambat satu langkah saja maka akan menimbulkan resiko.
Salah satu perubahan yang perlu dicermati dengan serius adalah perubahan perilaku konsumen.Sederhana saja,Anda bisa membayangkan dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan,siapa yang akan menjadi pelanggan kita.Sebagai contoh pelanggan toko bangunan yang rata-rata berusia 35-45 tahun,maka yang akan menjadi pelanggan pada sepuluh tahun kedepan adalah orang yang saat ini berusia 26-35 tahun.Kita bisa melihat dan mengamati perbedaan perilaku yang cukup signifikan antara kedua generasi ini.Dari level pendidikan rata-rata,akses akan informasi,tingkat ekonomi,pola pendidikan keluarga bahkan kondisi sosial politik yang berbeda dan lain sebagainya menjadi faktor-faktor yang membentuk perbedaan perilaku antar generasi ini.
Pertanyaannya adalah,apakah dengan cara berjualan yang sama seperti saat ini,kita masih bisa bertahan? Pertanyaan berikutnya adalah,kapan kita harus mulai merespon perubahan ini? Maka jawaban yang tentunya paling tepat adalah harus dimulai dari sekarang,karena kita tidak tahu seberapa cepat perubahan ini akan terus berjalan di masa yang akan datang.Siapa yang lebih dulu bergerak tentu akan jauh lebih siap.Seorang penulis banyak buku best seller Internasional,Brian Tracy mengatakan "Apa yang akan terjadi pada kita diluar kendali kita,tetapi kita bisa mengatur dalam memilih sikap kita terhadap kejadian tersebut.Dan dengan melakukan itu kita menjadi tuan dari perubahan dan bukan korbannya".
Yang paling penting dan wajib kita ketahui saat ini adalah hal-hal apa saja yang menjadi tren perubahan perilaku konsumen secara umum saat ini,sehingga kita betul betul bisa merespon dan mempersiapkan diri dengan tepat,karena respon yang keliru tentunya bisa menjadi kerugian bagi kita sendiri.Untuk memulai dan sebagai langkah awal adalah dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya agar kita mampu memahami berbagai tren perubahan pada konsumen kita serta beberapa bentuk respon yang bisa kita lakukan untuk menyongsong konsumen masa depan.Salam sukses !
No comments:
Post a Comment