Friday, July 18, 2014

Cara Terbaik Untuk Membersihkan Cat Dinding

Dinding yang kotor setelah dicat merupakan tantangan tersendiri bagi kebersihan rumah Anda. Tidak semua cat bisa terlalu sering dibersihkan, dan jika Anda  membersihkan cat dengan finishing jenis tertentu dengan cara terlalu keras maka biasanya lama-kelamaan cat tersebut akan terkelupas. Di sisi lain,jika Anda tidak membersihkan secara teratur maka berarti dinding akan tetap kotor atau terlihat kusam bahkan setelah dibersihkan sekalipun.

Hal pertama yang bisa dilakukan agar cat di dinding selalu terlihat bersih adalah dengan cara sering dibersihkan. Jangan biarkan bekas jari, noda, atau kotoran lain menempel dalam jangka waktu yang lama. Terlalu banyak membiarkan kotoran menempel bisa menyebabkan tembok sangat sulit untuk dibersihkan, dan pada akhirnya mungkin Anda harus mengecat ulang.

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah melihat finish cat di dinding tersebut. Jika cat tersebut adalah cat enamel berbasis minyak,misalnya pada dinding kamar mandi dan dapur, gunakan spons lembut dan deterjen pembersih ringan. Ikuti pedoman yang sama untuk cat enamel lateks, tetapi pastikan untuk hanya menjaga dinding basah selama paling lama sekitar satu menit. Urutan termudah untuk membersihkan finishing adalah gloss, semi-gloss dan satin.

Biasanya Anda akan berhasil menghilangkan kotoran dari cat enamel, tetapi pada cat datar biasanya akan menciptakan masalah yang serius.Ini bisa sangat mudah untuk merusak cat bahkan dengan pembersih ringan sekalipun. Amati aturan satu menit dan tidak menggosok terlalu keras. Gunakan spons lembut dan larutan pembersih yang ringan,hindari bahan kimia dan deterjen.

Tergantung pada jenis cat yang digunakan,Anda bisa sulit untuk mendapatkan cat dinding bersih sempurna. Salah satu produk yang telah digunakan oleh banyak orang misalnya adalah Mr Clean® Magic Eraser.Dengan menggunakan produk ini maka Anda bisa melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk membersihkan noda, dan juga mungkin lebih berhasil dalam membersihkan dinding yang menggunakan cat flat finish. Hal ini cenderung untuk tidak menghapus cat dan hanya memerlukan gosokan ringan.

Jika cat dinding belum dibersihkan dalam waktu yang cukup lama, mungkin akan sangat sulit untuk mendapatkan mereka sepenuhnya bersih. Beberapa alternatif pada saat ini adalah berusaha membersihkannya dengan skrap atau amplas. Hindari metode ini jika cat di dinding sudah terlihat sangat tua dan mungkin mengandung timbal.

Mengecat ulang bisa membantu menyegarkan dinding dan membuat segalanya tampak bersih dan segar. Ketika ada banyak lalu lintas melalui rumah Anda, seperti banyak tangan-tangan kecil membuat bekas jari, memilih untuk mengecat ulang adalah cara termudah untuk membersihkan cat.Anda juga bisa berkomitmen untuk selalu melakukan pembersihan dinding sekali setiap beberapa bulan sehingga cat dinding akan selalu tetap bersih.

No comments:

Post a Comment