Wednesday, November 13, 2013

Kapan Saatnya Membeli Rumah

Sampai saat ini harga properti setiap tahun selalu mengalami kenaikan. Bagi Anda yang belum punya rumah,alangkah baiknya Anda mempersiapkan diri untuk membeli rumah.Sedangkan bagi Anda yang sudah memilikinya tapi ada dana yang cukup,tidak ada salahnya beli rumah lagi untuk Anda investasikan dan tidak ada ruginya sama sekali.Karena baik sekarang maupun di masa yang akan datang,rumah tetap akan menjadi kebutuhan semua orang bahkan menjadi barang mewah dan harganya semakin mahal.Sementara populasi manusia semakin bertambah banyak dan lokasi untuk tempat tinggal akan semakin sempit.Maka dari itu jika Anda memiliki uang yang cukup sekaranglah saatnya Anda membeli rumah baik untuk tempat tinggal ataupun untuk investasi.

Membeli rumah adalah sebuah keputusan yang sangat penting dan tidak boleh asal-asalan.Itu karena keputusan ini dapat mempengaruhi keuangan serta kehidupan pribadi di masa yang akan datang.Ini akan menjadi investasi terbesar dalam hidup dan Anda harus membuat keputusan ini dengan sangat bijak dan hati-hati,ininkarena ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli rumah dan jika Anda seseeorang yang baru pertama kali membeli rumah mungkin tidak tidak begitu memperhatikan hal tersebut.

Sering terjadi pembeli rumah begitu terpesona oleh rumah impian mereka,atau hanya karena takut harapan untuk melakukan pembelian akan tersendat dan takut diambil orang lain.Mereka tidak mampu menyelidiki fakta-fakta tentang rumah yang yang akan dibeli yang seharusnya menyenangkan justeru akhirnya kecewa karena ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan.Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan akal sehat Anda daripada nafsu Anda ketika memutuskan hal penting seperti membeli rumah.Jika Anda pindah ke sebuah kota baru maupun pindah ke rumah baru yang hanya beberapa blok sekalipun,survei harus tetap dilakukan. Jika Anda telah mempercayakan tanggung jawab mencari rumah untuk Anda ke agen atau penjual,maka jangan terlalu pasrah dan percaya begitu saja tanpa mengecek kebenarannya.Ingat,hanya Anda yang dapat memutuskan apakah rumah yang akan dibeli layak untuk Anda dan keluarga Anda atau tidak.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembelian rumah,alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal penting yang akan diuraikan berikut ini:

Hal pertama dan terpenting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah adalah lokasi. Lihat jaraknya dengan kantor Anda, sekolah, stasiun kereta api, bandara dan jalan raya.Sedangkan jika Anda pindah ke sebuah kota baru pilihlah lokasi yang tidak hanya indah tapi menawarkan segalanya untuk hidup tentram aman dan nyaman.

Poin penting lainnya ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah baik rumah second atau rumah baru adalah budget Anda.Perhitungkan berapa kira-kira kemampuan financial Anda.Membeli rumah harus sesuai dengan kemampuan kita secara kredit,berapa uang muka,berapa tahun masa pelunasannya dan berapa angsurannya.Kecuali bila Anda memiliki dana yang cukup,Anda bisa membeli rumah dengan cara cash.

Pastikan rumah apa yang Anda dan pasangan Anda impikan ,buatlah secara detail apa keinginan Anda.Misalnya rumah yang mungil namun asri,rumah di pinggir jalan atau rumah mewah dan lain-lain.Bila Anda beli rumah di developer tentu Anda hanya akan mendapatkan jenis rumah yang seragam aik ukuran maupun modelnya.Jadilah ekstra waspada ketika Anda memeriksa rumah yang akan Anda beli.Tanyakan kepada penjual mengenai pekerjaan perbaikan di masa lalu dan proyek-proyek perbaikan rumah tersebut. Juga tekan dia dan tanyakan kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki rumah dalam waktu dekat ini.Hal ini tidak hanya akan membantu Anda untuk menurunkan harga rumah tetapi juga akan memberi Anda gambaran mengenai biaya tambahan yang akan langsung Anda tanggung jika Anda membeli rumah tersebut.

Jika Anda sudah menemukan rumah impian Anda, sebelum benar-benar membelinya sebaiknya Anda sering berjalan-jalan di lingkungan rumah itu.Cobalah telusuri jalan dari  rumah yang hendak dibeli menuju ke kantor Anda,sekolah anak Anda,pasar,rumah sakit dan tempat-tempat penting lainnya. Apakah jarak tempuhnya cukup dekat atau terlalu jauh,sebaiknya belilah rumah yang mempunyai akses mudah ke segala tempat yang biasa Anda kunjungi.Bila malam hari tiba,luangkan waktu untuk duduk-duduk di sekitar rumah yang akan Anda beli. Perhatikan penerangan jalannya, apakah kalau malam ramai dan apakah sistem keamanannya baik sehingga meyakinkan Anda untuk beli rumah tersebut.

Jika Anda hendak membeli rumah melalui ke pengembang perumahan perhatikan dulu perumahan itu apakah sudah banyak peminatnya atau belum,apakah ke depannya akan berkembang dengan baik dan bisa dijual kembali dengan harga tinggi.Kira-kira berapa lama perumahan itu akan menjadi ramai.Perhatikan apakah calon tetangga ramah-ramah atau justeru kurang bersahabat.Perhatikan juga masalah keamanannya,tanyakan ke kantor polisi setempat mengenai tingkat kejahatan di lingkungan Anda.

Jika Anda beli rumah second maka urusan surat menyurat juga harus diperhatikan dan dipentingkan. Mintalah bantuan orang yang sudah pengalaman membeli rumah untuk merekomendasikan kepada Anda seorang notaris yang terpercaya.Anda juga perlu untuk meminta keterangan dari petugas pemerintahan.Apakah ada proyek yang diusulkan yang mungkin suatu saat bisa mengganggu ketenangan lingkungan Anda atau mempengaruhi rumah Anda, misalnya di masa yang akan datang hendak dibangun flyover atau rumah itu kelak akan terkena penggusuran massal.Periksa juga apakah ada jalur tegangan tinggi yang diusulkan yang mungkin masuk melalui halaman Anda.

Perhatikan surat-suratnya antara lain IMB,Sertifikat, SHM, PBB dan lain sebagainya sudah lengkap atau belum dan asli atau tidak.Apakah ada sengketa lahan atau tidak, semua aspek harus diperhatikan.Bila sudah benar-benar yakin dengan rumah yang hendak Anda beli, sekarang saatnya tawar menawar harga.Perhatikan kondisi bangunan rumahnya apakah layak dibeli dengan harga mahal atau tidak.Lakukan tawar menawar dengan etika yang baik,karena jual beli rumah bisa batal kalau ada satu pihak yang tersinggung.

Setelah semua hal penting di atas sudah Anda penuhi dan Anda sudah cukup yakin, kini saatnya Anda membeli rumah tersebut.Langsung saja bertransaksi dan jangan ditunda-tunda lagi. Karena jika pemilik rumah berubah pikiran maka Anda akan kecewa karena kehilangan kesempatan untuk memiliki rumah impian Anda.

No comments:

Post a Comment