Tuesday, April 30, 2013

Kelebihan dan Kelemahan Bahan Triplek

Plywood atau kayu lapis atau yang lebih dikenal dengan istilah triplek terbuat dari bahan kayu solid yang diproses menjadi beberapa lembaran tipis atau lapisan kayu yang arah seratnya disusun saling melintang antara lembaran bawah dengan lembaran bagian atasnya secara bersamaan dengan perekat khusus di bawah tekanan besar sehingga didapatkan ketebalan tertentu.Dari proses ini maka bahan ini sangat tahan terhadap resiko pecah/retak, melengkung atau melintir yang tergantung pula pada ketebalannya.

Triplek diproduksi karena kebutuhan akan papan lebar sangat besar dan apabila menggunakan kayu biasa susah didapatkan dan sangat beresiko tinggi terhadap efek penyusutan kayu misalnya melengkung, melintir dan pecah atau retak.Ukuran triplek pada umumnya panjang 244cm,lebar 122cm dan ketebalannya bermacam-macam ukuran.

Kelebihan triplek adalah karena sangat praktis penggunaannya,daya tahannya terhadap penyusutan kayu serta ukurannya yang panjang dan lebar yang tidak mungkin didapatkan dari kayu biasa pada posisi dan kualitas yang sama.

Sedangkan kekurangannya adalah triplek tidak punya daya tahan terhadap cuaca yang sama kuatnya dengan kayu biasa sehingga tidak cocok untuk digunakan luar ruangan.Bahan bangunan ini hanya direkomendasikan digunakan di dalam ruangan misalnya untuk menyekat ruangan,untuk daun pintu sederhana dan untuk plafon.. Kelemahan paling besar pada triplek adalah pada sisi tebalnya. Sisi tebal triplek merupakan bagian yang paling mudah menyerap air dan permukaannya sangat kasar.
Cek Harga Triplek

No comments:

Post a Comment